Hambatan dan Keunggulan Letter of Credit (LC).

       Hambatan-hambatan yang dialami oleh PT.PIM dalam melaksanakan pembayaran dengan Letter of Credit, khususnya yang berkaitan dengan Bill of Lading (B/L), terjadinya discrepancies atau penyimpangan dokumen seringkali menghambat dan menyita waktu. namun apabila PT.PIM dapat memenuhi semua ketentuan dalam LC maupun B/L yang diminta maka tidak ada permasalahan yang menhambat. namun demikian  LC juga mempunyai kelemahan disamping kelebihan-kelebihan yang dirasakan sangat bermanfaat bagi eksportir maupun importir. kelemahan tersebut antara lain :
  1. Prosedur yang digunakan memakan waktu lama.
  2. besarbya biaya yang harus ditanggung oleh importir dan eksporir dalam kaitannya dengan jasa Bank, yaitu: biaya komisi, biaya bunga, biaya telex, biaya akseptasi.
  3. adanya kesalahan pada penulisan dalam LC juga menambah biaya yang lebih besar oleh pihak pembeli.
     
        Keunggulan-keunggulan  LC dalam melakukan pembayaran diantaranya:
  1. memberi rasa aman bagi PT.PIM sendiri, mendapatkan kepastian akan pembayaran barang ekspir setelah adanya penyerahan dokumen yang sesuai dnegan syarat-syarat LC.
  2. sedangkan bagi importir akan mendapatkan kepastian akan penerimaan barang yang telah dibelinya.
  3. resiko yang dharus dihadapi oleh kedua belah pihak berkurang dnegan peranan bank yang terlebih dahulu memeriksa dokumen-dokumen dalam LC dan bank akan menolak dokumen yang tidak sesuai persyaratan LC.
  4. importir dapat mencantumkan syarat-syarat untuk pengamanan yang harus dipatuhi oleh eksportir agar dapat menarik uang dari LC yang tersedia.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Komunikasi di Tempat Kerja

MAKALAH PERSALINAN NORMAL