Soal Ujian Tengah Semester Pengantar Manajemen Politeknik Negeri Lhokseumawe
1. Jelaskan
tentang konsep manajemen dan manajer dilihat dari pengertian, fungsi,
tingkatan, peran, dan keterampilan yang dibutuhkan!
Pengertian
Ø Manajemen adalah
proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan
untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.
Ø Manajer adalah orang
yang melakukan kegiatan manajemen atau proses manajemen.
Fungsi
Ø Perencanaan
(Planning), kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara yang terbaik
untuk mencapai tujuan.
Ø Pengorganisasian, kegiatan mengkoordinir sumberdaya,
tugas dan otoritas diantara anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat
dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.
Ø Pengarahan (Leading),
kegiatan memberi pengarahan (directing), mempengaruhi orang lain (influencing),
dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).
Ø Pengendalian
(Controlling), kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah organisasi sesuai
dengan rencana.
Tingkatan
Ø Berdasarkan Hirarki :
· Top
Manajement (Manajemen Puncak) : bertanggung jawab terhadap organisasi secara
keseluruhan; menentukan tujuan, strategi, dan kebijakan secara umum; menentukan
keputusan-keputusan strategis.
· Middle
level Management (Manajemen Menengah) : melaksanakan tujuan strategi, dan
kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajer puncak serta mengkoordinasikan dan
mengarahkan aktivitas manajer tingkat bawah dan juga karyawan operasional.
· Lower
Level/First Line (Manajemen Tk. Bawah) : mengawasi karyawan secara langsung,
mengawasi dan mengkoordinasi kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawan.
Ø Berdasarkan Fungsi :
· Manajer
Umum : mengawasi unit tertentu yang mempunyai beberapa bidang sekaligus,
bertanggung jawab terhadap aktivitas (pemasaran, keuangan, operasi) divisinya
· Manajer
Fungsional : bertanggung jawab terhadap satu kegiatan organisasi, seperti
produksi, pemasaran, keuangan dan lain sebagainya yang dipusatkan oleh kesamaan
tugas.
Peran
Ø Peranan Antar Pribadi
· Sebagai Pemuka
Simbolis, misal menerima dan menjamu tamu, mengahadiri
pernikahan karyawannya, upacara-upacara seremonial, dsb.
· Pemimpin, mendidik, mengatur,
memimpin, memberikan motivasi, memberikan bimbingan, nasehat kepada bawahannya.
· Perantara, berhubungan dengan
pihak-pihak ekstern perusahaan, baik dalam mengadakan pertemuan, perwakilan,
dsb.
Ø Peranan Informasional
· Monitoring
aliran informasi yang ada baik ke dalam maupun ke luar perusahaan.
· Penerus
informasi yang menyebarkan informasi-informasi kepada bawahannya atas keputusan
yang diambil dan informasi lainnya dari luar perusahaan.
· Perwakilan,
yaitu sebagai wakil perusahaan ke luar perusahaan baik sebagai warga negara
biasa, mewakili dalam pengadilan dan mengadakan hubungan dengan unsur-unsur
masyarakat lainnya.
Ø Perananan Pembuatan
Keputusan
· Wiraswasta, berdasarkan pada inisiatif dan kreatif sendiri.
· Penangkal
Kesulitan, penanggulanngan pemogokan, pembatalan kontrak,
penampung keluhan, kekurangan bahan, dsb.
· Pengalokasian
Sumberdaya, kepada siapa, kapan, untuk apa dan bagaimana
sumberdaya yang dipunyai dialokasikan.
· Negotiator, mengadakan
perundingan-perundingan denga pihak lain.
Keterampilan
Ø Keterampilan Konseptual,
yaitu keterampilan atau kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan
mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
Ø Keterampilan
Kemanusian, yaitu kemampuan untuk saling bekerja sama dengan memahami dan
memotivasi orang lain.
Ø Keterampilan
administrasi yaitu kemampuan yang ada hubungannya dengan fungsi-fungsi
manajemen yang dilakukan.
Ø Keterampilan teknik
yaitu kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur dan
metode dari suatu bidang tertentu.
Comments
Post a Comment