Soal Ujian Tengah Semester Pengantar Manajemen Politeknik Negeri Lhokseumawe



1. Jelaskan tentang konsep manajemen dan manajer dilihat dari pengertian, fungsi, tingkatan, peran, dan keterampilan yang dibutuhkan!
Pengertian
Ø Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.
Ø Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen atau proses manajemen.
Fungsi
Ø Perencanaan (Planning), kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara yang terbaik untuk mencapai tujuan.
Ø Pengorganisasian, kegiatan mengkoordinir sumberdaya, tugas dan otoritas diantara anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.
Ø Pengarahan (Leading), kegiatan memberi pengarahan (directing), mempengaruhi orang lain (influencing), dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).
Ø Pengendalian (Controlling), kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah organisasi sesuai dengan rencana.
Tingkatan
Ø Berdasarkan Hirarki :
· Top Manajement (Manajemen Puncak) : bertanggung jawab terhadap organisasi secara keseluruhan; menentukan tujuan, strategi, dan kebijakan secara umum; menentukan keputusan-keputusan strategis.
· Middle level Management (Manajemen Menengah) : melaksanakan tujuan strategi, dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajer puncak serta mengkoordinasikan dan mengarahkan aktivitas manajer tingkat bawah dan juga karyawan operasional.
· Lower Level/First Line (Manajemen Tk. Bawah) : mengawasi karyawan secara langsung, mengawasi dan mengkoordinasi kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawan.
Ø Berdasarkan Fungsi :
· Manajer Umum : mengawasi unit tertentu yang mempunyai beberapa bidang sekaligus, bertanggung jawab terhadap aktivitas (pemasaran, keuangan, operasi) divisinya
· Manajer Fungsional : bertanggung jawab terhadap satu kegiatan organisasi, seperti produksi, pemasaran, keuangan dan lain sebagainya yang dipusatkan oleh kesamaan tugas.
Peran
Ø Peranan Antar Pribadi
· Sebagai Pemuka Simbolis, misal menerima dan menjamu tamu, mengahadiri pernikahan karyawannya, upacara-upacara seremonial, dsb.
· Pemimpin, mendidik, mengatur, memimpin, memberikan motivasi, memberikan bimbingan, nasehat kepada bawahannya.
· Perantara, berhubungan dengan pihak-pihak ekstern perusahaan, baik dalam mengadakan pertemuan, perwakilan, dsb.
Ø Peranan Informasional
· Monitoring aliran informasi yang ada baik ke dalam maupun ke luar perusahaan.
· Penerus informasi yang menyebarkan informasi-informasi kepada bawahannya atas keputusan yang diambil dan informasi lainnya dari luar perusahaan.
· Perwakilan, yaitu sebagai wakil perusahaan ke luar perusahaan baik sebagai warga negara biasa, mewakili dalam pengadilan dan mengadakan hubungan dengan unsur-unsur masyarakat lainnya.
Ø Perananan Pembuatan Keputusan
· Wiraswasta, berdasarkan pada inisiatif dan kreatif sendiri.
· Penangkal Kesulitan, penanggulanngan pemogokan, pembatalan kontrak, penampung keluhan, kekurangan bahan, dsb.
· Pengalokasian Sumberdaya, kepada siapa, kapan, untuk apa dan bagaimana sumberdaya yang dipunyai dialokasikan.
· Negotiator, mengadakan perundingan-perundingan denga pihak lain.
Keterampilan
Ø Keterampilan Konseptual, yaitu keterampilan atau kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
Ø Keterampilan Kemanusian, yaitu kemampuan untuk saling bekerja sama dengan memahami dan memotivasi orang lain.
Ø Keterampilan administrasi yaitu kemampuan yang ada hubungannya dengan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan.
Ø Keterampilan teknik yaitu kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur dan metode dari suatu bidang tertentu.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Komunikasi di Tempat Kerja

MAKALAH PERSALINAN NORMAL